30DWC Jilid 7 Usai, 83 Fighter Menang Perang


Program 30 Days Writing Challenge (30DWC) jilid 7 akhirnya selesai pada Sabtu (5/8/2017) lalu. Dari 99 peserta yang bergabung sejak awal program, 16 orang di antaranya gugur di tengah jalan. Tantangan ini dimulai sejak Kamis (6/7/2017).
.
Program yang digagas Rezky Firmansyah ini sudah meluluskan lebih dari 350 orang di jilid 1 hingga 6. Kelulusan 83 orang lagi di jilid 7 yang baru selesai ini menambah panjang daftar orang pernah merasakan sensasi "perang" 30DWC.
.
Untuk mengikuti program ini, peserta diminta hanya menulis, "Ya, menulis aja selama 30 hari tanpa henti," terang Rezky. Lanjut penulis 12 buku tersebut, pilihan yang ditawarkan untuk menulis bisa di mana saja. "Yang penting harus online," tegasnya.
.
30DWC memang program untuk pembiasaan menulis. Dalam program tersebut, setiap peserta disebut fighter. Setiap 10 fighter, bergabung dalam sebuah tim yang disebut squad. Tujuannya adalah agar sistem kontrol berjalan lebih teratur.
.
Untuk memastikan sistem berjalan dengan baik, setiap squad dipimpin oleh seorang ketua yang disebut guardian. Fungsi guardian adalah memastikan semua anggota squad menulis dan menyetor link tulisan di grup squad.
.
Semua fighter dikumpulkan dalam sebuah grup bernama empire. Mulai emperor, general, controller, guardian hingga fighter berkumpul di tempat ini. Emperor sendiri adalah pemimpin tertinggi empire yang dipegang oleh Rezky Firmansyah.
.
Agar empire berjalan lancar, emperor dibantu oleh general dan controller. Ketiga orang inilah kreator dibalik layar 30DWC.
.
Sistem yang ketat di empire membuat setiap fighter harus tetap on fire. Jika 3 hari berturut-turut tidak dalma kondisi om fire alias tidak menulis, fighter akan langsung dikeluarkan dari grup. "Boleh bergabung kembali jika melunasi hutang menulis," tegas General.
.
30DWC Jilid 7 Usai, 83 Fighter Menang Perang 30DWC Jilid 7 Usai, 83 Fighter Menang Perang Reviewed by Ibnu Basyier on Tuesday, August 08, 2017 Rating: 5

3 comments:

  1. Bagaimana caranya ikut, Mas Ibnu?

    Apakah tulisannya harus non fiksi terus?

    Kok pengin ikut rasanya.

    ReplyDelete
  2. Piramida terbaliknya sudah dapat, ustadz. Cukup bagus laporan tulisannya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung. Semoga pulang membawa manfaat. Kalau ada yang tidak berkenan, tinggalkan di komentar....

ads
Powered by Blogger.