Mendeteksi Taqwa Pada Diri

Setelah sebulan melaksanakan proyek besar Ramadhan, kini saatnya kita melakukan evaluasi. Saatnya menilai apakah puasa, qiyamullail, infak, tilawah dan ibadah lainnya sudah sesuai dengan yang diharapkan.
.
Puasa sebagai amalan utama Ramadhan bertujuan mengantar pelakunya menjadi insan taqwa. Artinya, dengan berpuasa seorang hamba beriman seharusnya mendapat predikat taqwa.
.
Inilah yang penting untuk dievaluasi. Apakah sebagai orang yang telah berpuasa Ramadhan, kita telah benar-benar menjadi hamba yang bertaqwa. Atau jika sudah bertaqwa, menjadi lebih bertaqwa dari sebelumnya.
.
Taqwa dalam pengertian yang sering disampaikan para khotib Jum'at adalah kemampuan menjalankan seluruh perintah dan meninggalkan semua larangan Allah Ta'ala. Berdasar pengertian ini, sebagai hasil dari puasa Ramadhan, kita seharusnya sudah memiliki kemampuan tersebut.
.
Dari sini, tentu mudah untuk menilainya. Misal dengan memperhatikan bagaimana ibadah-ibadah sepeninggal Ramadhan. Apakah masih sanggup dijalankan, atau bahkan kita tidak mampu lagi menunaikannya. Lalu, bagaimana pula dengan larangan-laranganNya. Sudahkah kita menjauhinya, ataukah justru kita malah mendekatinya.
.
Kesemua hal tersebut bisa menjadi barometer adanya taqwa dalam diri kita. Kalau benar predikat taqwa kita dapatkan, maka Allah akan memudahkan kita berbuat ketaatan dan menjauhi kemaksiatan. Sebaliknya, jika ternyata kita gagal meraih taqwa, maka kemaksiatan mudah terjadi dan ketaatan susah dilakoni.
.
Selain itu, kita juga bisa mendeteksi adanya taqwa dengan mencocokkan ciri ketaqwaan yang disinyalir Allah dalam FirmanNya. Misal dalam surat Ali Imran ayat 134 Allah mensifati orang bertaqwa dengan beberapa kriteria.
.
الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ
.
"(Orang-orang yamg bertaqwa yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan."
.
Sebelumnya, di ayat 133, Allah memberi kabar gembira berupa surga seluas langit dan bumi bagi orang bertaqwa. Dan siapa orang bertaqwa itu disebutkan di ayat berikutnya.
.
Yang pertama, gemar berinfak. Baik dalam keadaan lapang, maupun sempit. Banyak duit, maupun sedikit. Kedua, mampu menahan amarah. Dan ketiga, mudah memaafkan dan melupakan (seolah tidak terjadi) kesalahan orang lain.
.
Ketiga sifat orang bertaqwa ini bukan perkara mudah dan ringan. Tapi, bagi yang Allah anugerahkan taqwa kepadanya, maka mudah baginya untuk mewujudkannya. Ia akan gemar berinfak, bisa menahan amarah dan mudah memaafkan.
.
Wallahu a'lam bis-shawab.
Mendeteksi Taqwa Pada Diri Mendeteksi Taqwa Pada Diri Reviewed by Ibnu Basyier on Thursday, July 06, 2017 Rating: 5

2 comments:

  1. Jazakallahu khoir untuk pencerahannya mas...
    Berinfak, menahan marah, dan mudah memaafkan perlu dicatat dan diaplikasikan 😊💪

    ReplyDelete
  2. memang tidak mudah.. terima kasih sudah diingtkan ustad 😊

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung. Semoga pulang membawa manfaat. Kalau ada yang tidak berkenan, tinggalkan di komentar....

ads
Powered by Blogger.