Mencintai Alam Lewat Eco Green (3)

Setelah istirahat cukup di depan water outbond, ajaklah anak-anak kembali. Di bagian ini, ada toilet. Gantilah pakaian anak-anak jika basah. Kalau mau cemilan, ada dua gerai food court di sini.
.
Wahana selanjutnya yang menanti adalah holticultur trap. Di sini, pengunjung bisa berfoto dengan sensai berbeda. Ada gambar-gambar 3D yang seolah nyata. Berfoto sambil memberi minum air kelapa seekor dinosaurus.
.
Puas berfoto ria bersama satwa-satwa versi 3D, ada wahana khusus anak di atas 5 tahun. Di sini anak akan diajari memilah sampah menggunakan mini tractor. Sensasi menaiki tractor tentu akan lain rasanya. Sayangnya, orang dewasa dilarang menggunakannya.
.
Tapi, tidak perlu kecewa. Di depan sana, telah menunggu wahana permainan angry birds. Kalau biasanya angry birds hanya ada di game, sekarang ada di dunia nyata. Selagi anak belajar memilah sampah, ayah-bunda bisa berlomba menjatuhkan pig dengan dua ketapel. Dijamin seru.
.
Wahana berikutnya adalah pasar boeroeng esok boeka. Berbagai macam merpati dunia ada di sini. Juga tersedia jajanan-jajajan asyik. Saran saya, mintalah pakan merpati kepada petugas yang baik hati. Dan rasakan bagaimana merpati makan langsung makanannya dari telapak tangan dengan jinaknya. Biarkan juga anak anda merasakan sensasinya.
.
Kalau petugas berbaik hati, mungkin mereka akan membantu anda sekeluarga untuk berfoto bersama di lorong tanaman menjalar dengan latar belakang merpati yang sedang beterbangan. Seperti saya. Entah karena saya bawa kamera DSLR, seorang petugas menawarkan jasa untuk mengambil foto saya dan keluarga. Hasilnya, keren. Saya tinggal mengatur pencahayaannya saja di aplikasi khusus.
.
Dari pasar burung, ada wahana yang sangat eksotis; exotic white peacock. Karena keterbatasa waktu, saya tidak sempat masuk wahana berupa kandang besar dengan jala-jala besi ini. Tapi saya langsung melihat bird show di sampingnya. Melihat atraksi burung-burung jenis parrot terlatih menebak makanan dalam mangkuk tertutup. Juga ada atraksi naik mobil, sepeda. Bahkan di akhir show, ada seekor burung yang dilatih khusus untuk mengambil duit langsung dari tangan pengunjung.
.
Mungkin ada yang bertanya-tanya: kapan makannya? Jangan khawatir. Setelah bird show, ada food court besar. Berbagai macam jenis makanan ada di sini. Memang agak sedikit mahal. Tapi wajar karena pedagang juga kena tarif sewa tempat. Makanan di sini dibeli dengan system deposit. Pengunjung harus memasukkan deposit terlebih dahulu, lalu memesan makanan dengan kartu yang disediakan. Jangan khawatir, kalau mau, deposit yang tersisa bisa diambil kembali nanti.
.
Sambil menunggu makanan diantar ke meja hidangan, cobalah untuk melepas penat di kolam fish teraphy. Sebenarnya, setiap pengunjung dijatah 10 menit saja. Gratis. Tapi, karena saya datang di hari aktif, bukan hari libur, tempat ini sepi. Sehingga saya agak lama mencoba terapi ikan tersebut. Memang agak geli awalnya, tapi, ala bisa karena biasa, kan?
.
Bagi yang muslim, di kompleks food court juga ada mushalla. Pengunjung tidak perlu khawatir mencari masjid di luar. Karena pengelola sudah menyiapkan mushalla berukuran lumayan besar.
.
Bagi yang ingin main air lagi, di sisi kanan food court ada wahana kendali hama. Pengunjung akan diajak berkeliling dengan semacam sepeda air untuk memberantas hama. Tapi, jangan kaget. Hama-hama berukuran besar di sini mampu menyemprotkan air kembali kepada pengunjung. Anak-anak akan menyukai wahana ini.
.
Wahana berikutnya adalah replica candi prambanan. Walau replica, candi ini berukuran besar. Di bawahnya ada wahana untuk mengenal ilmu geologi: wahana science center. Di sini pengunjugn bisa menikmati sensasi gempa bumi dengan tiga skala berbeda. Juga sensasi angin kencang. Juga merasakan hidup di kutub. Bahkan juga bisa mempelajari bagaimana tsunami bisa terjadi. Di pintu keluar, ditampilkan foto-foto tumpukan sampah dunia yang membuat miris.
.
Masih tersisa tiga wahana lagi: ruang seni daur ulang, hanoman dome theatre 3D, dan eco journey. Kalau tadi sempat makan di food court, insyaallah masih punya tenaga untuk menyisir tiga wahana tersisa.
.
Di ruang seni daur ulang, pengunjung bisa melihat aneka kerajinan dari barang-barang bekas. Area ini berada di bangunan permanen. Cukup luas untuk menampung berbagai macam benda-benda baru dari barang-barang bekas. Wahana ini layak dimasuki. Siapa tahu ada yang bisa ditiru sepulang dari sini.
.
Setelahnya, dome theatre 3D. Semacam mini bioskop, tapi disetting 3D membentuk kubah. Penonton seolah-olah berada di tengah pertarungan hanoman dan musuhnya. 
.
Wahana terakhir adalah eco journey. Wahana ini adalah wahana edukasi. Dengan kereta beraambung, pengunjung akan dibawa memasuki hutan rimba dan padang pasir. 
.
Keluar dari sini, ada robot daur ulang. Robot ini berasal dari  ratusan handphone bekas dan jadul yang sudah tak bisa digunakan. Selain robot handphone, di beberapa titik juga ada makhluk daur ulang lainnya. Misalnya ada gajah besar yang dibentuk dari tumpukan televisi, ada shaun the sheep dari potongan balok-balok kecil, ada flamingo dari pipa pvc, dsb. 
.
Akhirnya, petualangan di objek wisata ini berakhir di sini. Kalau mau membeli cindremata hidup, ada ayam-ayam kecil, kelinci, dan hamster yang dijual sebelum pintu keluar. Kalau belum puas, dan masih ada waktu, pengunjung bisa terus ke Museum Satwa atau Batu Secret Zoo. Tapi, saya dan keluarga sudah puas dengan Eco Green Park. 
.
Tips
.
Agar maksimal dalam berpetualang, datanglah di hari efektif. Memang tidak ramai. Tapi, pengunjung lebih leluasa bergerak dan berekspresi. Toh, show-show yang terjadwal tetap berjalan walau pengunjung sepi. Kecuali jika memang mencari keramaian, maka datanglah di hari libur.
.
Kalau lelah berjalan, di sini ada e-bike yang disewakan per 3 jam. Namanya e-bike, tapi lebih mirip ke mobil karena beroda empat. Dengan harga sewa 100 ribu rupiah per 3 jam, kendaraan ini mampu mempermudah perjalanan.
.
Tempat wisata Eco Green Park Batu Malang ini buka sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Waktu ini sangat cukup untuk menjelejahi tiap sudut wisata ini. Jadi, tidak perlu terburu-buru untuk menyelesaikan tour.
.
Biasanya, orang mencari kolam renang di tempat-tempat wisata. Tapi, Eco Green Park tidak memiliki kolam renang, baik untuk anak maupun dewasa.
.
Saat ini, ada perubahan harga tike masuk ke Eco Green Park. Kalau kunjungan yang pertama saya masih 40.000 untuk hari weekday (sebutan untuk hari efektif: Senin - Jum'at), sekarang sudah berubah menjadi 49.000 per orang. Untuk weekedn dan hari libur lainnya, harga tiket masuk sebesar 69.000 rupiah perorang. Anak dengan tinggi lebih 85 cm membayar tiket full.
.
Demikian, dan selamat berpetualang di Eco Green Park; destinasi wisata yang memadukan konsep wisata alam, lingkungan hidup, kebudayaan di bawah kaki gunung Panderman yang sejuk.
.
.
[Hari ke-23 30DWC Jilid 4]
[Fighter Squad 8 dari Empire of Writer]



Mencintai Alam Lewat Eco Green (3) Mencintai Alam Lewat Eco Green (3) Reviewed by Ibnu Basyier on Thursday, February 23, 2017 Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah berkunjung. Semoga pulang membawa manfaat. Kalau ada yang tidak berkenan, tinggalkan di komentar....

ads
Powered by Blogger.