Mengenal Alam Lewat Eco Green (2)

Setelah beristirahat cukup sambil menikmati strawberry ranum di omah hidroponik, saatnya melanjutkan eksplorasi lebih dalam.
.
Berjalan menyusuri deretan akhir dunia ayam, pengunjung akan disuguhi bebungaan dan tanaman lainnya di carnivora garden. Jika tertarik ingin membeli, ada banyak bibit bunga dan buah yang dijual di sini. Bahkan pohon zaitun yang fenomenal juga ada.
.
Setelahnya, sampailah pada wahana world of parrot. Wahana ini cukup panjang. Bahkan mungkin yang terpanjang selain wahana walking bird sebelumnya. Di sini bermacam jenis burung beo ada. Tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dari 9 negara lainnya.
.
Setelah menikmati bermacam jenis burung beo dari 10 negara berbeda, pengunjung akan sampai pada wahana bird of paradise. Ini sebuah area terbuka dengan berbagai macam jenis burung yang berkeliaran jinak. Sebuah food court kecil ada di sini dengan meja-meja bundar di depannya. Kalau mau mencoba sensasi ngemil ditingkahi 100 ekor burung unik dari berbagai belahan dunia, di sinilah tempatnya.
.
Puas bermain bebas dengan berbagai burung unik, wahana selanjutnya yang menanti adalah duck kingdom. Di dunia, ada 150 jenis unggas air. Dan 33% di antaranya ada di sini. Bergerak dan berenang bebas.
Sebelum duck kingdom, sebenarnya ada wahana lagi. Tapi, pengelola sepertinya sedang merenovasinya. Tampak kolam-kolam ikan yang sedang dipugar. Konon, sebelumnya, ada sejenis ikan besar yang dipelihara di sini.
.
Setelah duck kingdom, rute selanjutnya adalah owl house. Wahana yang gelap dan dipenuhi beberapa jenis burung hantu. Walau hanya sedikit, cukup untuk bagian dari pembelajaran mengenal burung hantu.
.
Dari owl house, wahana berikutnya adalah burung pemakan daging alias burung bangkai atau vulture. Di dunia, ada 22 jenis burung bangkai. Dan 6 di antaranya ada di eco green park.
.
Selanjutnya, pengunjung akan memasuki dunia elang. Ini ruang terbuka dengan jaring-jaring besi di bagian atas. Di sini, burung rangkok terbang bebas. Kepakan sayapnya yang terdengar berat menjadi sensasi yang benar-benar berbeda. Seolah-olah ia terbang ke arah kita. Lalu dengan gerakan cepat, ia bermanuver lewat atas kepala.
.
Puas melihat elang, saatnya melihat ruang operasi nursery.  Walai hanya dari luar, kita bisa melihat bagaimana ruang kerja untuk membedah hewan. Bahkan di sini, ada beberapa ekor burung yang baru menetas. Lengkap dengan tangga lahirnya.
.
Lanjut lagi. Ketemu dengan bird gallery. Di sini kita bisa belajar bagaiamana terang dan fokusnya mata elang. Juga ada tiruan telur-telur burung dan perbandingannya satu sama lain.
.
Jalan lagi, dan ketemu dengan penangkaran berbagai jenis burung. Kalau mau, di sini ada show terjadwal untuk berfoto bersama burung hantu.
.
Di sebelah penangkaran, ada rumah terbalik. Mau coba sensasinya? Masuk saja. Gratis.
.
Rumah terbalik benar-benar terbalik. Tak ubahnya seperti rumah yang dibalik. Di setting agak menyeramkan, wahana ini membuat sedikit agak tegang. Tapi unik dan seru. Rumah ini tingkat dua. Sofa ada di atas. Posisi di atas kita.
.
Puas melihat ruang utama, kita akan memasuki rumah kaca. Awas, sangat berbahaya di sini. Semua yang tampak adalah cermin. Jangan sampai tersesat. Agar bisa keluar dengan selamat, cobalah meraba-raba jalan. Dan carilah petunjuk yang disediakan.
.
Setelah keluar dari ruang kaca, selanjutnya adalah kamar tidur pribadi. Masih terbalik. Di sini ada sebuah televisi. Juga terbalik.
.
Selanjutnya masuk ke dapur. Di sini agak seram. Perkakas dapur bergerak sendiri. Suaranya dibuat menyeramkan. Tapi, itu hanya efek. Agar lebih seru.
.
Keluar dari rumah terbalik, ada water outbond. Saran saya, berhentilah sejenak di sini. Kalau anak sudah cukup dewasa, latih beraninya untuk menaiki flying fox. Cukup rogoh 20.000 untuk sekali jalan.
.
Sambil istirahat, biarkan anak-anak bermain di area water outbond. Yang penting dipastikan mereka sudah bawa baju ganti. Khawatir basah, dan tidak ada pengganti.
Mengenal Alam Lewat Eco Green (2) Mengenal Alam Lewat Eco Green (2) Reviewed by Ibnu Basyier on Tuesday, February 21, 2017 Rating: 5

2 comments:

  1. Awesome. Prjalanan yg menarik n patut dicoba ni. Penasaran dg rmh trbaliknya

    ReplyDelete
  2. Menurut pengelola, wahana ini adalh satu-satunya di Indonesia. Hehehe... Menarik pokoknya....

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung. Semoga pulang membawa manfaat. Kalau ada yang tidak berkenan, tinggalkan di komentar....

ads
Powered by Blogger.