Sebait Dakwah Dalam Secangkir Qohwah


Banyak jalan menuju Makkah. Demikian pula, banyak cara untuk berdakwah. Dakwah lewat mimbar sering sudah. Lewat goresan pena, sudah banyak yang mastah. Kini, ada lagi yang cara terbaru dalam dakwah.
.
Di Sidoarjo, dekat dengan Arhanud, ada sebuah warung kopi. Sebutan kekikinian masyhur dengan warkop. Sama seperti warkop lainnya, warkop ini menawarkan kopi sebagai menu utama. Di daftar teratas menunya, ada kopi asisa, kopi giras, dan kopi ijo. Mungkin ini jenis kopi andalan yang ditawarkan.
.
Warkop memang menjamur saat ini. Tua muda, cewek cowok, semua tumpah ruah di warkop. Entah rapat organisasi, sekedar ngumpul ngrumpi, atau bahkan sekedar numpang wifi. Semua suka dengan warkop.
.
Yang menarik dari warkop pinggir jalan itu bukan pada jenis kopinya. Bukan pula desain interior dan eskteriornya. Bukan pula lelaki penjajanya. Bahkan, warkop ini sangat sederhana. Benar-benar sederhana.
.
Tapi yang mahal dan menarik adalah dakwahnya. Selama ini, (mungkin) belum ada yang berfikiran berdakwah di warkop. Sebab, memang, agak mustahil rasanya berdakwah di tempat nongkrong begitu. Entah dari mana pemikiran itu, owner warkop ini berani berdakwah lewat kopi; dakwah bil qohwah.
.
Dakwah bil qohwah ini sangat sederhana. Tapi sekaligus sangat berkesan. Dan sangat mengena. Tidak hanya merakyat. Dakwah ini bahkan mendunia. Bayangkan. Sederhana, tapi mendunia.
.
Dakwah bil qohwah ini hanya melalui wifi. Bukan pada wifinya. Tapi pada passwordnya. Gratis gunakannya. Cukup masukkan password yang disediakan owner warkop. Dan inilah point dakwahnya; #prayforsyria.
.
Subhanallah. #prayforsyria menjadi password sebuah warkop pinggir jalan dekat markas arhanud. Benar-benar sebuah ide dakwah yang cemerlang. Patut dicontoh pemilik warkop lainnya. Atau juga penyedia jaringan-jarinhan wifi gratis lainnya.
.
Menurut penuturan si empu warkop, password wifi miliknya sering berubah-ubah. Tidak ada waktu tenggat waktu khusus. "Sering gonta-ganti. Tergantung apa yang menjadi trending di media sosial," katanya memberi penjelasan.
.
Password wifi miliknya, tambahnya, juga tidak melulu bernada dakwah. Tapi, tetap bermuatan positif.
.
***
.
Dakwah adalah kewajiban setiap muslim. Dakwah bukan hanya ceramah atau khutbah. Tidak. Cakupan dakwah sangat luas. Sebagaimana artinya secara bahasa: mengajak.
.
Semua bentuk pengajakan kepada kebaikan, secara langsung maupun tidak, adalah dakwah. Ada dakwah bil qoul seperti ceramah dan khutbah. Ada dakwah bil qolam yakni dengan tulisan. Ada dakwah bil hal, yaitu memberi teladan yang baik.
.
Dan kini ada lagi dakwah bil qohwah, yaitu dakwah dengan kopi. Hehe.
.
Lalu saya, sudahkah mengambil peran dalam dakwah ini?
.
.
[Hari ke-28 30DWC Jilid 4]
[Fighter Squad 8 dari Empire of Writer]
Sebait Dakwah Dalam Secangkir Qohwah Sebait Dakwah Dalam Secangkir Qohwah Reviewed by Ibnu Basyier on Tuesday, February 28, 2017 Rating: 5

3 comments:

  1. Keren euy...
    Dakwah bisa dilakukan dalam bentuk bagaimana saja...
    Termasuk dalam menggunakan password wifi...
    Sederhana tapi mengena...

    Keren idenya, mas... Mantap..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang punya ide bukan saya bang. Hehe. Si pemilik warkop yang punya...

      Delete
  2. Mantap ide sang pemilik warkop. Itu juga bisa jadi pengingat diri dengan password seperti itu. Banyak jalan menuju dakwah. Keren :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung. Semoga pulang membawa manfaat. Kalau ada yang tidak berkenan, tinggalkan di komentar....

ads
Powered by Blogger.